Festival Jajanan Bango Semarang 2013

Your rating: None Average: 3.6 (5 votes)
Festival Jajanan Bango atau sering disingkat FJB merupakan festival kuliner akbar tahunan yang diadakan oleh Kecap Bango. Acara ini pertama kali digelar tahun 2005. Event FJB mencoba memenuhi dahaga para pecinta kuliner, sekaligus salah satu upaya nyata dalam menggiatkan partisipasi masyarakat untuk mencintai dan bangga terhadap kuliner citarasa negeri sendiri.
Kota Semarang menjadi kota persinggahan Festival Jajanan Bango 2013 yang keempat setelah Bandung, Surabaya, dan Malang. Tahun 2013 adalah untuk pertama kalinya FJB digelar di Semarang.
Selaras dengan tema Festival, yaitu “Legenda Kuliner Nusantara”, Festival Jajanan Bango 2013 di Semarang menghadirkan legenda-legenda kuliner Nusantara diantaranya Nasi Pindang Pak Ndut (Semarang), Lontong Balap Pak Gendut (Surabaya), Tengkleng Klewer Ibu Edi (Solo), Mie Koclok Mas Edy (Cirebon), Tahu Tek Telor Cak Khar (Surabaya), Sate Jamur Cak Oney (Yogyakarta), Mie Aceh Sabang (Sabang,Aceh), Oseng-oseng mercon Bu Narti (Yogyakarta), Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih (Jakarta), dan Sate Klatak Mas Adi. Selain itu, ada pula puluhan hidangan dari legenda kuliner lokal kota Semarang yang tidak kalah menggugah selera. Total ada 50 stand kuliner yang bisa dicoba oleh pengunjung 
Festival Jajanan Bango Semarang 2013 dimeriahkan juga dengan pertunjukan musik dan tari tradisional bernuansa etnik, demo memasak, dan kampung Bango yang sarat unsur edukasi. Sejak pagi hari jam 9 hingga pukul 22:00, puluhan masyarakat Semarang antusias berkunjung ke Stadion Diponegoro untuk mencoba puluhan kuliner dari berbagai daerah
Event FJB perdana yang digelar di Kota Semarang bisa dikatakan cukup sukses. Berdasarkan pantauan di lokasi, jumlah pengunjung selalu konstan. Dengan harga makanan berkisar antara 10-15 ribu rupiah per menu, pengunjung bebas mencoba makanan apapun.
Tags: