Karimunjawa, Surga Kecil di Laut Jawa

No votes yet

Merupakan Taman Laut Nasional, Kepulauan Karimunjawa berada di laut jawa arah barat laut Jepara. Terdiri dari gugusan 27 pulau dengan pesona keindahan alam, pantai dengan pasir putih dan bawah laut, menjadi salah satu tujuan wisata yang tak terlalu jauh dari Kota Semarang. Terumbu karang dan variasi dari flora dan faunanya menjadikan Kepulauan Karimunjawa salah satu Taman Laut Nasional di Indonesia.

27 Pulau di Kepulauan Karimunjawa: Karimunjawa, Menyawakan, Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Sambangan, Krakal Besar, Krakal Kecil, Kemujan, Parang, Tengah, Nyamuk, Cemara Besar, Cemara Kecil, Genting, Kembar, Sintok, Burung, Burung, Katang, Bengkoang, Mrico, Batu, Gundul, Geleang, Cendikian, Seruni, Cilik.

Kapal motor cepat KMC Kartini 1 Pulau tengah KarimunjawaSunset di kepulauan karimunjawa Berenang bersama diantara ikan hiu

Bagaimana mencapai Kepulauan Karimunjawa?

Sarana transportasi menuju Karimunjawa bisa diakses melalui pelabuhan Jepara dengan kapal Ferry Siginjai atau Express Bahari, melalui pelabuhan Semarang dengan kapal cepat Kartini atau melalui pelabuhan kendal dengan kapal Express Bahari.

Harga Tiket Penyeberangan: Kapal Ferry Siginjai Rp 75 Ribu, Kapal Cepat / Express Rp 150 Ribu / penumpang (one way).

Jadwal Keberangkatan Penyeberangan Ke Karimunjawa:

*Updated Juli 2017, Jadwal dan harga tiket mungkin berubah, hub nomor di atas.

Kapal Cepat Kartini I, khusus penumpang, kapasitas 168 orang, fasilitas AC. Dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan dari dermaga Kartini Jepara ke Karimunjawa, sedangkan dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang adalah 3,5 jam perjalanan. Sedangkan Kapal Ferry Siginjai dengan waktu tempuh Jepara – Karimunjawa 5-6 jam perjalanan.

Kapal Cepat Kartini atau Express Bahari lebih cepat namun kapal ferry memungkinkan jika penumpang membawa muatan lebih besar seperti mobil jika ingin jalan jalan di karimunjawa dengan mobil sendiri.

Tags: