Menikmati Malam Minggu di Maerakaca

Your rating: None Average: 3.5 (2 votes)

Taman Puri Maerakaca merupakan salah satu obyek wisata di Semarang yang berada di kawasan PRPP. Taman ini diresmikan oleh Gubernur Ismail pada tahun 1980-an. Puri Maerakaca merupakan Pusat Rekreasi Taman Budaya terbesar di Jawa Tengah. Taman ini merupakan miniatur provinsi Jawa Tengah karena di dalamnya terdapat 35 anjungan yang menjadi cerminan dari 35 kabupaten dan kotamadia yang ada di provinsi Jawa Tengah.

Maeraka sempat mengalami era keemasan pada dekade tahun 90an hingga awal 2000an. Hampir tiap akhir pekan taman ini ramai dikunungi oleh masyarakat Semarang dan sekitarnya. Memasuki tahun 2008, Maerakaca mengalami penurunan jumlah pengunjung yang sangat signifikan.  Untuk mengangkat kembali image Maerakaca, pihak manajemen PRPP sebagai stake holder merancang program yang cukup unik, yaitu Malam Minggon Maerakaca atau biasa disebut Maerakaca M2M.

Malam Minggon Maerakaca (M2M) merupakan sarana baru untuk warga Semarang menghabiskan waktu malam minggunya. Di tempat ini, pengunjung bisa menyaksikan beragam acara seperti stand up comedy, musik jazz, dan berbagai komunitas hingga lomba-lomba. Selain itu, sembari menikmati acara, tanpa sadar pengunjung belajar mendalami ciri khas dari 35 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Event Malam Minggon Maerakaca mulai digelar Sabtu 19 Desember 2015. Sebagai pembuka, sejumlah sayembara disiapkan antara lain Photo Hunt Competition, yaitu mengabadikan keindahan malem mingguan di Puri Maerokoco lewat foto. Ada juga Cultural Race, yaitu permainan berkelompok untuk menjawab teka-teki unik yang disiapkan panitia di jalur yang sudah ditentukan. ‎

 

Direktur PT PRPP Titah Listiorini mengatakan, Puri Maerokoco memang sudah tidak setenar dulu. Banyak bangunan yang mulai rusak dan terdampak rob. Berbagai perbaikan sudah dilakukan, namun jumlah kunjungan tetap menurun. Melalui terobosan baru ini diharapkan Puri Maerakaca kembali mampu menarik wisatawan dan warga Semarang untuk berkunjung.

Tags: