Pasar Gang Baru

Your rating: None Average: 3 (7 votes)

Salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi di daerah pecinan Semarang adalah pasar Gang Baru. Pasar ini terletak disebuah gang atau lorong ditengah - tengah wilayah pecinan. Aktifitas pasar dimulai pada pagi hari sekitar jam 5, pedagang dari berbagai daerah sekitar Semarang berdatangan dan menawarkan berbagai jenis barang di pasar ini.

Pasar tradisional yang sudah berumur puluhan tahun ini menyediakan berbagai kebutuhan sehari - hari mulai dari bahan makanan, obat - obatan tradisional, pakaian, hingga perlengkapan upacara ritual masyarakat Tionghoa.

Letak pasar Gang Baru berada diantara jalan Beteng dan Gang Belakang, dapat dicapai melalui jalan Sebandaran atau dari Gang Warung. Juga ada jalan kecil yang dapat dilalui oleh pejalan kaki atau kendaraan roda dua melalui Gang Cilik dan Gang Pasar baru. 

Waktu yang paling ideal mengunjungi pasar ini adalah mulai jam 6 hingga jam 10 pagi, pada jam tersebut pasar masih lengkap menyajikan berbagai barang, selebih dari jam 10 biasanya sudah banyak pedagang yang kehabisan stok sehingga pasar mulai lengang. Pasar ini sebenarnya buka hingga sore hari, tapi semakin siang pedagang akan semakin sedikit yang masih berjualan, kebanyakan hanya pedagang yang tinggal di Gang Baru dan rata - rata menjual bahan - bahan makanan dan perlengkapan upacara ritual Tionghoa.

Menjelang sore pasar ini biasanya sudah mulai sepi. Sebagian besar pedagang sudah menyingkirkan lapak - lapak dagangan mereka sehingga kendaraan roda empat dapat dengan mudah melewati pasar ini. Jika anda berkunjung ke pasar Gang Baru pada sore atau malam hari, gang ini tidak ubahnya seperti gang - gang lain yang banyak terdapat di pecinan Semarang.

Ji Kao Mee

Ada satu agenda unik tahunan di pasar Gang Baru, sehari sebelum hari terakhir penanggalan China atau tanggal 29 bulan 12 kalender Imlek, pasar Gang Baru buka sehari semalam dan selalu ramai dipadati pengunjung hingga pagi hari. Tradisi ini disebut oleh penduduk pecinan sebagai acara Ji Kao Mee (Malam tanggal 29), berbagai jenis keperluan upacara menyambut tahun baru Imlek disediakan dipasar ini.

Salah satu menu wajib untuk upacara tahun baru Imlek adalah wat kwee, sebuah kue mangkok berukuran besar dan berwarna merah segar. Kue ini hanya akan ditemui di Gang Baru pada malam hari tanggal 29 itu saja. Hidangan khas lain yang selalu tersaji pada hari - hari menjelang tahun baru Imlek adalah kue keranjang, kue manis terbuat dari beras ketan dan gula jawa.

Sejak dua tahun terakhir, kegiatan pasar malam Ji Kao Mee menjadi semakin meriah karena dipadukan dengan kegiatan Pasar Imlek Semawis yang digelar disepanjang pecinan Semarang. Anda dapat menemukan berbagai pernik - pernik unik untuk menyambut datangnya tahun baru Imlek disini, termasuk juga berbagai bunga segar yang didatangkan langsung dari perkebunan disekitar Semarang.

sumber: Gang Baru

Tags: