Seniman Dalam dan Luar Negeri Ikut Meriahkan Borobudur International Festival 2017

No votes yet

Borobudur International Festival (BIF) 2017 sudah tinggal hitungan hari. Setelah pertama kali dihelat pada 2003 atas inisiatif Gubernur Jawa Tengah saat itu Mardiyanto, ini adalah yang keempat kali event tersebut diadakan. Pelaksanaan kedua dan ketiga pada 2009 dan 2013 digelar bertepatan dengan program Visit Jawa Tengah. 

Belajar dari kesuksesan tiga event BIF sebelumnya, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali menggelar BIF 2017 pada 28–30 Juli mendatang bertempat di Kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang. 

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Kadisporapar) Provinsi Jawa Tengah mengatakan, BIF merupakan wadah bagi seniman untuk menampilkan kreativitas. Beragam kesenian dari dalam dan luar negeri, pun juga akan menampilkan pertunjukan terbaiknya. Tiga negara akan mengikuti perhelatan akbar ini, yaitu Jepang, Tiongkok, dan India.  Sedangkan dari dalam negeri, Kabupaten Lumajang (Jawa Timur), Banten dan Kabupaten / Kota di Jawa Tengah, seperti Kota Pekalongan, Kota Tegal, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Jepara, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Rembang, Kabupaten Magelang, dan lain-lain. 

Pertunjukan tari kolosal bertajuk ‘Spirit of Borobudur’ dan musik spesial ‘Sound of Borobudur’ juga akan menghangatkan malam BIF 2017. Selain penampilan kesenian dari dalam dan luar negeri, BIF yang berlangsung selama tiga hari tersebut akan dimeriahkan dengan Pameran Produk Unggulan UMKM yang dimulai Jum’at pagi.

Beberapa hari sebelumnya, Kawasan Wisata Borobudur juga akan semarak dengan serangkaian event pendukung mulai Sabtu (22/7), seperti Event Bersama yang diikuti Kabupaten / Kota eks Karesidenan Kedu, Festival Desa Wisata, Festival Pesona Satwa bertempat di Mungkid, Kabupaten Magelang.

Dapatkan informasi terbaru seputar BIF 2017 melalui twitter @disporaparjtg dan @visitjawatengah.[*]