Sido Muncul Dorong Rawa Pening Jadi Destinasi Wisata Unggulan

No votes yet

Rawa Pening adalah danau alam di Kabupaten Semarang yang terletak di kaki Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo dan Gunung Ungaran. Dengan luas sekitar 2670 hektar, Rawa Pening terkenal dengan obyek wisata dan cerita Baru Klinthing yang melegenda hingga sekarang.

Foto of @liliskhusniati on IG

Foto of @liliskhusniati on IG


Sayangnya Rawa Pening saat ini mengalamai masalah serius, yaitu pendangkalan dimana hampir 80% area Rawa Pening tertutup oleh tumbuhan enceng gondok. Berbagai upaya pembersihan dan pelatihan pemanfaatan enceng gondok belum mampu mengurangi laju populasi tumbuhan ini. Di Rawa Pening, satu batang enceng gondok akan tumbuh menjadi 1 meter persegi dalam waktu 4-5 minggu.

Foto of @bravohitam on IG

Foto of @bravohitam on IG


PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk yang pabriknya terletak sekitar 5 km dari Rawa Pening ikut terlibat aktif mencari solusi untuk mengatasi masalah enceng gondok. ‎Melalui kegiatan CSR, Sido Muncul melakukan penelitian pemanfaatan tumbuhan eceng gondok menjadi sumber energi baru. 

Upaya ini diharapkan dapat mengurangi dan membersihkan tumbuhan enceng gondok lebih efektif dan memberikan dampak ekonomi yang nyata bagi sektor pertanian, perikanan, pariwisata serta menjaga kelestarian sumber air bersih yang penting bagi kehidupan.

Irwan Hidayat, CEO PT Sido Muncul

Direktur PT Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat mengatakan berdasarkan pengalamannya menggunakan limbah jamu sebagai bahan bakar, ternyata eceng gondok juga bisa dimanfaatkan serupa. 

Selama 5 tahun terakhir kebutuhan energi PT Sido Muncul Tbk memanfaatkan limbah jamu 50% dan gas 50%. Menurut hasil penelitian, enceng gondok juga bisa dijadikan sumber energi alternatif industri.

enceng gondok dari Rowo Pening

Irwan menambahkan, eceng gondok perlu diubah menjadi produk bahan padat berbentuk pellet terlebih dahulu. Setelah melalui proses tersebut, pellet eceng gondok bisa digunakan sebagai pengganti minyak atau gas. 

Saat ini Sido Muncul sudah memanfaatkan enceng gondok sebagai bahan bakar alternatif dengan kapasitas sekitar 2 ton per hari. Dengan meningkatnya produksi, maka kebutuhan akan enceng gondok sebagai bahan bakar alternatif juga akan semakin meningkat.

Mesin pembuat pellet dan arang

Jika pemanfaatan eceng gondok sebagai bahan bakar bisa maksimal, diperkirakan kurang dari 5 tahun Rawa Pening akan kembali bening dan tidak tertutup eceng gondok. Dampaknya tentu saja pada sektor pariwisata dan perekonomian warga di sekitarnya.

Jika Rawa Pening kembali jernih dan bebas enceng gondok, maka berbagai peluang bisnis bisa dikembangkan lebih optimal. Misalnya wisata bahari, wisata kuliner, dll mempunyai prospek yang bagus.

 

Tags: