Sidomukti, Wahana Wisata Pacu Adrenalin

Your rating: None Average: 3.7 (19 votes)

Keelokan alam membuat terpaku begitu kaki turun dari mobil dipelataran lokawisata Girigahana Sidomukti. Hamparan sawah berundak, sungai kecil, air terjun, dan hutan pinus, begitu memesona. Jauh di seberang sana terlihat Gunung Ungaran, Gunung Merbabu dan Bukit Kembar Cimanggal. Sebuah harmoni alam nan menawan.

Umbul Sido Mukti Semarang

Suasana alam di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang membuat pengunjung betah berlama-kama di sana. Apalagi air di kolam renang alam Umbul Sidomukti tergolong unik. Lokasinya berada di lereng Gunung Ungaran, persis di tepi jurang dan lembah. Air umbul yang mengalir deras menjadi sumber air utama untuk taman renang alami Umbul Sidomukti. Limpahan air tersebut meluber ke kolam di bawahnya dan mengairi kebun dan sawah-sawah.

Objek wisata Umbul Sidomukti yang dibuka 2 Agustus 2007 dibangun dengan desain kolam tradisional, bergaya minimalis. Dinding kolam disusun dari tumpukan batu alam. Di tamannya banyak tempat duduk berundak model panggung terbuka sehingga pandangan bebas ke segala penjuru. Dengan lokasi pada ketinggian 1031 dpl, Umbul Sidomukti di sebut-sebut sebagai kolam renang alami tertinggi di Indonesia

Wisata Umbul Sidomukti tidak hanya menawarkan keelokan alam, dan kesegaran udara, tapi juga menantang pengunjung untuk menguji nyali. Wahana Flying fox sepanjang kurang lebih 100 meter melintasi jurang yag cukup dalam. Dengan kedalaman lembah lebih dari 70 meter akan memacu adrenalin siapun yang melintasinya.

Umbul Sido Mukti Semarang

Selain itu juga tersedia Marine Bridge (jembatan tali) sepanjang 60 meter dengan jurang dibawahnya dengan kedalaman lebih dari 30 meter. Jika masih belum puas, masih ada tantangan lain yaitu menaklukkan dinding bukit setinggi 25 meter dan memacu kendaraan ATV menyusuri jalan tanah yang ada di sekitar jurang. Wow, sebuah pengalaman sensasional, mendebarkan, dan mengasyikkan

Untuk anak-anak tersedia wahana yang melatih keberanian dan sportivitas. Untuk mereka, ada flying fox anak sepanjang 15 meter. Fasilitas lainnya yaitu camping ground dimana pengunjung dapat menikmati malam di alam bebas. Pada tengah malam sunyi, gemeretak kayu api unggun menjadi musik tersendiri yang indah dan hangat, untuk mengusir udara dingin.

”Keajaiban” alam masih tersisa di lereng Gunung Ungaran. Jalur aliran air sungai yang jernih pada cekungannya menawarkan sensasi tersendiri. Biasanya, pengunjung secara rombongan menyusuri sungai kecil di lokawisata alam tersebut.

Umbul Sidomukti selain menawarkan panorama juga jalur trekking ke puncak Gunung Ungaran, Gua Jepang, dan Kebun Teh Medini. Yang pasti, Sidomukti yang telah menjadi paket agenda One Day Tour merupakan magnet baru wisata alami di Semarang.

Untuk mencapai lokasi wisata cukup mudah, dibutuhkan waktu 40-60 menit dari pusat kota Semarang (Simpang Lima). Dari kota Semarang, pacu kendaraan menuju Bandungan. Sesampainya di Pasar Jimbaran, Bandungan, arahkan kendaraan berbelok ke arah kanan, dan naik sekitar 4 kilometer. Di sepanjang jalan dari Pasar Jimbaran hingga gerbang lokasi wisata  ada banyak penunjuk arah agar pegunjung tidak tersesat.

Sebelum mengunjungi Umbul Sidomukti, pastikan kendaraan dalam keadaan prima. Periksa tekanan ban, rem, dan lampu berfungsi dengan baik. Jalan menuju lokasi penuh dengan tanjakan yang cukup curam, banyak lubang dan jalan relatif sempit. Selain itu kabut tebal cukup sering terjadi pada saat musim penghujan dan mengakibatkan jarak pandang terbatas. Jangan lupa membawa jaket, payung dan jas hujan untuk berjaga-jaga seandainya cuaca tiba-tiba memburuk.

FOTO:neng-ocha

Tags: